Minggu, 09 Maret 2008


Tanaman Gaharu


Menanam pohon jati, pilih bibit jati yang berlabel atau yang di semai ( bibit dari IPB).Karena Bibit jati mas munkin namanya jati mas dari pedagang bibit tanpa garansi, kami menanam dengan beberapa jenis jati. jati super, jati mas dari kultur jaringan.


Dalam hal tanah beserta kandungan mineral atau stuktur tanah, pohon jati cocok atau bisa tumbuh sempurnah dilahan berpasir 20- 40% dan 30% tanah liat 30 % domato (Tanah kapur)pasir tidak boleh lebih 5% kandungan Fe dan di bawah 5-7 meter kedalaman tanah mengandung air dan kemiringan struktur tanah,Tanah datar pertumbuhannya kurang memuasakan, ketinggian tanah 100 - 400m DPL, dengan curah hujan sedang.


Ada beberapa contoh perkembangan yang sudah ditanam(dari 30 ribu pohon lebih jati)memang tidak semua pertumbuhannya sempurnah, dan itu pun bukan jati mas melainkan jati super. selama 3thn 40 % berdiameter 15-17 cm, dan sisanya berfareasi antara 10-12 Cm, memang hal fariasi pertumbuhan jati tersebut demikian agar hasil panen dilaksanakan dengan tebang pilih bukan sekali gus ditebang dan memakan waktu 7 tahun sampai 15 Thn dari waktu tanam karena di tanam dengan jarak 2-4 m.Catatan: dalam jangka waktu 4-5thn masa tanam, pohon akan melalui masa kritis selama 1 thn dan jangan di beri pupuk berlebihan apalagi pupuk NPK atau Kcl.


Kcl sama sekali tidak boleh di berikan pada tanaman jati, pada masa kritis. sebaiknya Pupuk TSP atau pupuk kandang yang cocok atau sama sekali jangan di beri pupuk karena didaerah Minahasa tanah umumnya masih subur.Untuk Tanaman Gaharu, ketingian tanah adalah 50- 400m DPL, stuktur tanah liat, pasir, ratio berkisar 60 Liat/30 pasir, curah hujan sedang dan penanaman pohon mudah harus ditempat teduh 10% kena sinar matahari sampai 3 tahun umur tanaman.


Dan memang tanaman ini masih di uji coba di Minahasa, di Sulut sendiri tepatnya di daerah Bolaaang dan Bintauana (sepanjang sungai Ilanga) ada banyak pohon gaharu, karena ketidak tahuan masyarakat maka pohon tsb sudah lama ditebang dan tidak ada sisa satu pun.

Tidak ada komentar: