Selasa, 04 Maret 2008


Sabtu, 20 September 2003

Harga Gaharu Capai Rp 21 Juta/Kg


Putussibau,- Masyarakat Bumi Uncak Kapuas mulai mengembangkan budidaya pohon gaharu. Kayu ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi, perkilo gaharu jenis super "A' harganya mencapai Rp 21 juta. Bahkan saat ini, bibit pohon gaharu juga mulai dijual bebas dan sudah banyak masyarakat yang membudidayakannnya. "Untuk lebih mengembangkan pohon gaharu ini Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kapuas Hulu akan melakukan penyemaian bibit pohon gaharu," kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kapuas Hulu, Ir Sirajul Alam kepada Pontianak Post belum lama ini.

Lebih lanjut Sirajul menambahkan, kayu gaharu ini akan menghasilkan gaharu jika pertumbuhannya tidak terganggu. Kayu ini juga bisa hidup disembarang tempat. Sehingga untuk membudidayakan pohon ini sangat mudah, demikian juga dengan pemeliharaannya.


Dikatakannya lagi, menurut mitos pohon gaharu mengandung unsur mistis. Karena pada saat mencari pohon tersebut tidak semua orang bisa menemukan gaharu yang memiliki kualitas baik. Sehingga untuk mendapatkan gaharu sangat tergantung dengan "heng" (keberuntungan) masing-masing orang. Sedangkan yang paling mengerti mencari gaharu, adalah masyarakat Kapuas Hulu sendiri, terutama yang sudah terbiasa mencari gaharu di hutan-hutan. Melihat peluang usaha baru inilah Dishutbun Kapuas Hulu akan melakukan pembibitan dalam skala besar.


"Sekarang pohon gaharu yang sudah ditanam oleh masyarakat Kapuas Hulu telah mencapai ribuan batang. Budi daya tanaman ini sangat menjanjikan, bayangkan jika pohon gaharu yang ditanam bisa menghasilkan gaharu super (kelas A) harganya sekarang Rp 21 juta. "Satu pohon gaharu bisa menghasilkan puluhan kilo gharu," jelas Sirajul. Selama ini gaharu yang didapat masyarakat di hutan dijual ke Jakarta, Arab Saudi dan beberapa negara lainnya.


Dikatakannya, gaharu memiliki nilai jual yang cukup tinggi, karena bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan dan wangi-wangian yang tidak mengandung alkohol. "Melihat peluang usaha inilah kita (Dishutbun, Red) mencoba membudidayakan bibit pohon gaharu dengan cara penyemaian," jelasnya.(aan)

1 komentar:

Felix mengatakan...

Saya dari Kalimantan Barat, Kapuas Hulu, Melayani Buah/biji Gaharu Jenis A. Beccariana. stock kami banyak. Untuk Januari-Februari, Pesan Petik Kirim. Anda Pesan baru kami Petik. Silakan Hub. 081257110088, Kami kirim keseluruh pelosok tanah air, dengan harga terjangkau. Salam gaharu.