Minggu, 07 September 2008



TEKNOLOGI PERCEPATAN PEMBENTUKAN BUDIDAYA GUBAL GAHARU
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( BAPPEDA ) Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Tanjung Pura telah mengadakan Opservasi dan Presentasi pada tanggal, 7 Desember 2006 dan telah dihadiri oleh beberapa Dinas Instansi terkait.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ketapang FARHAN, SE,Msi. Dalam kata sambutannya secara singkat mengatakan bahwa masih adanya sebagian masyarakat di Pedesaan belum memahami cara mengambil Gubal Gaharu, yang sudah bisa diambil / panen. Selanjutnya dikatakan dengan adanya kegiatan Penelitian ini, karena sudah banyak kejadian bahwa sudah banyak jumlah pohon yang ditebang namun tidak terdapat gaharu, karena itu Kepala BAPPEDA mengharapkan Lembaga Penelitian dari Universitas Tanjung Pura agar kegiatan ini bisa bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan untuk mengadakan Penelitian secara terpadu.
Adapun tenaga Penelitian, selaku Ketua Penanggung Jawab, DR,Ir.Abdurrani Muin MS. Mengatakan “kegiatan ini sudah diuji coba di Kabupaten Kapuas Hulu, namun karena di Ketapang terdapat Gubal Gaharu yang asal alami dan asal tebang. Untuk mendapatkan Gubal Gaharu akan diadakan melalui Suntikan Gaharu yang terbuat dari Cendawan yang dikembang biakan. Di Ketapang Gaharu bisa tumbuh diantara Pohon-pohon lainnya seperti : Karet dan tumbuh-tumbuhan, karena pembuatannya sangat mudah dan umur kayu mencapai 5 (lima) Tahun sudah bisa ditebang / panen, dan hasil kayu gaharu ini di Exspor ke Singapura dengan harga yang cukup tinggi. Untuk itu dihimbau pada Masyarakat agar mulai saat ini agar segera menanam Kayu Gaharu di kebun-kebun atau perkarangan karena hasilnya sangat menjanjikan dengan pendapatan yang cukup besar bagi petani dan bisa meningkatkan PAD setempat.
Di Kabupaten Ketapang telah diuji coba di Desa Segagap Kacamatan Nanga Tayap dan sudah mencapai umur 6 (enam) Bulan, di harapkan di Daerah lain agar bisa mengikuti, sehingga beberapa tahun kedepan Ketapang bisa menjadi Daerah Pengexspor Gaharu terbesar ke Singapura. ( T a m r i n ).

2 komentar:

bani mengatakan...

Bang dimana bisa didapat suntikan tsb

putrimariam mengatakan...

bila ingin produk inokulan yang sudah teruji bisa hubungi saya di 08127671805 ubtuk info kunjungi blog saya http://gaharukampar.blogspot.com